twitter
googleplus
facebook

Cara Membuat Aplikasi Penghitung Komputer

Oke langsung ke tutorialnya aja deh :

1. Buka dulu Visual Basic 6.0.
2. Buat satu project Standart exe.

 

3. Setelah terbuka lembar kerja form1. Lalu tambahkan 1 timer dan buat intervalnya menjadi 1000. lihat gambar :

 

4. Setelah menambahkan timer, lalu tambahkan 2 label ( untuk judul dan terserah anda ), dan 1 ListBox. lihat gambar dibawah ini :

 

5. Setelah menambahkannya, lalu buat 1 module, caranya : Add Module - OPEN

 

6. Setelah terbuka lembar module lalu masukan code dibwah ini :

Public Declare Function GetTickCount Lib "kernel32" () As Long
Public nTime As Long

7. Setelah memasukan code ke module, langkah selanjutnya masukan code dibwah ini ke dalam FORM1 tadi :

Private Sub Form_Load()
nTime = GetTickCount()
End Sub

Private Sub Timer1_Timer()
Dim Wektu As Long
Dim detik As Long
Dim menit As Long
Dim jam As Long

Wektu = GetTickCount()
detik = Round(Wektu / 1000)
menit = Round(detik / 60)
jam = Round(menit / 60)

List1.Clear
List1.AddItem ("")
List1.AddItem (jam & " Jam, utawa " & menit & " Menit, atau " & _
detik & " Detik")
List1.AddItem ""
List1.AddItem "Wektu awet Program iki di lakokne wis " & Round((Wektu - nTime) / 1000) & " Detik iki"

End Sub

8. Setelah dimasukan semua, kemudian di coba dengan menkan tombol F5.
9. Jika tidak eror lalu jadikan program/save dengan cara KLIK FILE - MAKE PROJECT EXE1 - SAVE
10. SELESAI !!! 

Sekian dulu post kali ini.
Semoga Bermanfaat :)
Selamat Mencoba :)
HAPPY ENJOY :)

  • Title : Cara Membuat Aplikasi Penghitung Komputer
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Post a Comment

     

    About Me

    My Photo
    Perkenalkan. Nama saya adalah Mashudi Irawan. Nama cyber saya adalah Boyz. Saya tinggal di Tuban (Kota Tercinta), Jawa Timur, Indonesia. Lebih tepatnya saya tinggal di desa terpencil (hehehe). Namun saya nggak gaptek (apa itu?). Saya sekolah di SMAN 1 Plumpang. Kelas XII IPA 1 (nungguin kelulusan). Saya sedikit jahil sama teman-temanku (troll). Tapi saya tidak bego' (herp). Namun saya paling greget (!!!). Saya tidak menyukai CJr dan JB (karena mereka maho (haaahhhh)) Saya menyukai anime, baca manga. Band favoritku adalah A7X dan Linkin Park. Udah segitu aja. Bingung mau jelasin lagi. :)